ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN UNIT LAYANAN RAWAT JALAN KESEHATAN JIWA DI PUSKESMAS KABUPATEN SITUBONDO
Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible, Kepuasan PasienAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangible (bukti fisik) terhadap Kepuasan Pasien. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden pada pasien unit layanan rawat jalan kesehatan jiwa di Puskesmas Kabupaten Situbondo . Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t disimpulkan bahwa variabel keandalan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel daya tanggap berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dan variabel bukti fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan uji F disimpulkan bahwa variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien unit layanan rawat jalan kesehatan jiwa di Puskesmas Kabupaten Situbondo.