ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN UNIT LAYANAN RAWAT JALAN KESEHATAN JIWA DI PUSKESMAS KABUPATEN SITUBONDO

Penulis

  • Silfi Valenti Febrianti

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, Tangible, Kepuasan Pasien

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangible (bukti fisik) terhadap Kepuasan Pasien. Penelitian  ini merupakan  penelitian  asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden pada pasien unit layanan rawat jalan kesehatan jiwa di Puskesmas Kabupaten Situbondo . Teknik  pengambilan sampel yang digunakan  adalah convenience sampling, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji t disimpulkan bahwa variabel keandalan berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel daya tanggap berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, variabel empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, dan variabel bukti fisik berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan uji F disimpulkan bahwa variabel keandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik bersama-sama memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien unit layanan rawat jalan kesehatan jiwa di Puskesmas Kabupaten Situbondo.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-23