ANALISIS PENGARUH KEAMANAN, EFEKTIVITAS, DAN KEMUDAHAN LAYANAN BTN MOBILE TERHADAP STRATEGI PEMASARAN MOBILE BANKING PT BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) TBK KANTOR CABANG YOGYAKARTA

Penulis

  • Yulianto Pudji Winarno
  • Farika Candrasari
  • Yoga Ridho Agastya Ridho Agastya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan familiarity bias terhadap keputusan investasi pada pasar modal. Metode kuantitatif digunakan dengan pengumpulan data melalui kuesioner daring yang diisi oleh 235 responden  yang memiliki pengalaman investasi dan berdomisili Yogyakarta. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) melalui software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan investasi. Familiarity bias ditemukan mempengaruhi keputusan investasi secara positif. Temuan ini menekankan pentingnya peningkatan literasi keuangan untuk mendorong pengambilan keputusan investasi yang lebih baik, sekaligus mengurangi dampak familiarity bias yang dapat menghambat optimalisasi portofolio investasi. Implikasinya,  peningkatan literasi keuangan harus menjadi fokus utama bagi lembaga keuangan dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas keputusan investasi di kalangan masyarakat. Riset ini memiliki tujuan agar diketahui pengaruhnya dari faktor keamanan layanan, efektivitas layanan, dan keamanan layanan dalam strategi pemasaran pada nasabah Bank BTN KC Yogyakarta. 

Kata Kunci: Keamanan, Efektivitas, Kemudahan, Strategi Pemasaran

 

File Tambahan

Diterbitkan

2024-10-01