PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA PENGEMBANGAN PRODUK BARU YANG DIMEDIASI OLEH INOVASI MODEL BISNIS (STUDI PADA UMKM PASAR BERINGHARJO YOGYAKARTA)

Penulis

  • Wardaya
  • Koesharijadi
  • Aditya Rifki Yuwono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan analisis pengaruh orientasi kewirausahaan, kinerja pengembangan produk baru, dan inovasi model bisnis melalui UMKM di Pasar Beringharjo Yogyakarta. Di zaman yang semakin dinamis dan kompetitif ini, mereka dihadapkan pada tuntutan untuk menciptakan produk inovatif yang baru, sehingga bisnis yang mereka jalankan dapat tumbuh dan bersaing dengan para pesaing bisnis lainnya. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis SEM dan diolah dengan aplikasi AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara orientasi kewirausahaan, kinerja pengembangan produk baru, dan inovasi model bisnis.

Kata Kunci: Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Pengembangan Produk Baru, Inovasi Model Bisnis

File Tambahan

Diterbitkan

2024-10-01