PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN FAMILIARITY BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI INVESTOR YOGYAKARTA DI PLATFORM INVESTASI DIGITAL

Penulis

  • Farika Candrasari
  • Eli Suherli
  • Dyah Purwanti

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan familiarity bias terhadap keputusan investasi pada pasar modal. Metode kuantitatif digunaka dengan pengumpulan data melalui kuesioner daring yang diisi oleh 235 responden yang memiliki pengalaman investasi dan berdomisili Yogyakarta. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) melalui software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan investasi. Familiarity bias ditemukan mempengaruhi keputusan investasi secara positif. Temuan iniĀ  menekankan pentingnya peningkatan literasi keuangan untuk mendorong pengambilan keputusan investasi yang lebih baik, sekaligus mengurangi dampak familiarity bias yang dapat menghambat optimalisasi portofolio investasi. Implikasinya, peningkatan literasi keuangan harus menjadi fokus utama bagi lembaga keuangan dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas keputusan investasi di kalangan masyarakat.

Kata Kunci: Literasi keuangan, familiarity bias dan Keputusan investasi

File Tambahan

Diterbitkan

2024-10-01