PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA BISNIS UMKM DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh orientasi pasar dan inovasi dalam meningkatkan kinerja bisnis UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan menggunakan teknik non-probability convenience sampling dan metode survei, penelitian ini melibatkan 150 UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menggunakan pendekatan PLS-SEM, hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi orientasi pemasok dan orientasi pesaing berdampak positif terhadap inovasi bisnis. Selain itu, inovasi bisnis berdampak positif terhadap kinerja bisnis UMKM. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pelaku UMKM untuk mempertimbangkan dampak orientasi pesaing, orientasi pemasok, dan inovasi bisnis untuk meningkatkan kinerja usaha UMKM.
Kata kunci: Orientasi Pasar, Orientasi Pesaing, Orientasi Pemasok, Inovasi Bisnis, Kinerja Bisnis UMKM