PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK DAN KELOMPOK BERMAIN AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL DI KABUPATEN BANTUL
Kata Kunci:
Tingkat Pendidikan, Motivasi, Lingkungan Kerja, Kinerja GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel tingkat pendidikan, motivasi, dan lingkungan kerja, berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kinerja guru taman kanak-kanak dan kelompok bermain Aisyiyah Bustanul Athfal di Kabupaten Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode proportional random sampling yaitu metode pengambilan sampel yang memperhatikan pertimbangan unsur-unsur atau kategori dalam populasi penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru taman kanak-kanak dan kelompok bermain Aisyiyah Bustanul Athfal dalam wilayah Pimpinan Daerah Aisyiyah Kabupaten Bantul dengan jumlah 164 guru status PNS, 724 guru status GTY dan 15 guru status GTT. Data divalidasi menggunakan validasi angket kuisioner dan reliabilitas angket dengan rumus slovin sehingga berjumlah 90 responden dengan rincian 16 guru status PNS, 72 guru status GTY dan 2 guru status GTT. Analisis yang digunakan SPSS 25. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, disimpulkan bahwa 1) Tingkat Pendidikan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru TK dan KB Aisyiyah Bustanul Athfal di Kabupaten Bantul, 2) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru TK dan KB Aisyiyah Bustanul Athfal di Kabupaten Bantul, 3) Lingkungan Kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru TK dan KB Aisyiyah Bustanul Athfal di Kabupaten Bantul. Berdasarkan uji F disimpulkan bahwa Tingkat Pendidikan, Motivasi dan Lingkungan Kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru TK dan KB Aisyiyah Bustanul Athfal di Kabupaten Bantul.