PENGARUH KOMPETENSI DAN KUALITAS LAYANAN KARYAWAN KELURAHAN PRENGGAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT TERKAIT PENGGUNAAN APLIKASI JOGJA SMART SERVICE

Penulis

  • Trivena Anita Kunu
  • N. Kristini Damar Wiyati

Kata Kunci:

Kompetensi, Kualitas Layanan, Kepuasan Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis “Pengaruh Kompetensi dan Kualitas Layanan Karyawan Kantor Kelurahan Prenggan Terhadap Kepuasan Masyarakat terkait penggunaan aplikasi Jogja Smart Service. Data diperoleh dengan menyebar kuisioner sebanyak 100 responden masyarakat yang telah menikmati pelayanan di Kantor Kelurahan Prenggan menggunakan aplikas JSS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi dan Uji Hipotesis (Uji t dan Uji f). Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS (Statistic Package for the Social Sciens) versi 25. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan: Y = 5.479 + 0,503X1 + 0,362X2+e, menunjukkan bahwa variabel Kompetensi (X1) dan Kualitas Layanan Karyawan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Masyarakat (Y), didukung oleh hasil uji parsial (t) terhadap variabel Kompetensi Karyawan (X1) yang mempunyai nilai sig 0,000 <0,05 dengan nilai t-hitung 4,897 > t- tabel 1,984 dan variabel Kualitas Layanan (X2) mempunyai nilai sig 0,000 <0,05 dengan nilai t-hitung 3,664 > t-tabel 1,984. Hasil uji stimultan (F) menunjukkan bahwa kompentensi dan kualitas layanan karyawan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat , ditunjukkan oleh nilai sinifikan 0.000 < 0,05 dan nilai f hitung 50,154 > f tabel 3,09. Koefisien determinasi menunjukkan 50,8% , artinya kepuasan masyarakat mampu dijelaskan oleh variabel kompetensi dan kualitas layanan sebesar 50,8 % ,selisihnya 49,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-01