MANAJEMEN DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK MENYELESAIKAN TUGAS SKRIPSI PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR PRODI BIMBINGAN KONSELING
Kata Kunci:
manajemen diri, prokrastinasi akademikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara manajemen diri dengan perilaku prokrastinasi akademik menyelesaikan tugas skripsi pada mahasiswa semester akhir prodi bimbingan konseling. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berupa model skala likert. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson. Sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan Fakultas Bimbingan Konseling angkatan 2016 semester 10 yang berjumlah 103 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukan semakin meningkat variabel manajemen diri akan menyebabkan variabel prokrastinasi akademik rendah. Sebaliknya semakin rendah variabel manajemen diri maka akan menyebabkan variabel prokrastinasi akademik semakin tinggi. Sumbangan efektif manajemen diri terhadap prokrastinasi akademik sebesar 36,8%. Hal ini menunjukkan adanya faktor lain di luar manajemen diri sebesar 63,2% yang dapat mempengaruhi prokrastinasi akademik.