HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN HANDPHONE DENGAN PERILAKU KONSUMTIF ONLINE PADA GENERASI Z
Kata Kunci:
Intensitas Penggunaan Handphone, Perilaku Konsumtif Online pada Generasi ZAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan intensitas penggunaan handphone (HP) dengan perilaku konsumtif online pada generasi z. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara intensitas penggunaan handphone dengan perilaku konsumtif online pada generasi Z. Artinya, semakin tinggi intensitas penggunaan handphone maka akan semakin tinggi pula perilaku konsumtif online pada generasi Z, sebaliknya semakin rendah intensitas penggunaan handphone maka semakin rendah pula perilaku konsumtif online. Penelitian ini menggunakan alat ukur psikologis berupa skala, Marchali (2018) skala pengukuran adalah kesepakatan yang digunakan sebagai acuan untuk menentukan panjang pendeknya, interval yang ada dalam alat ukur, sehingga alat untuk tersebut digunakan dalam penelitian ini sebagai hasil data kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z berjenis kelamin pria dan wanita dengan tahun kelahiran 1995-2010 di DIY memprioritaskan pada generasi Z yang menggunakan handphone untuk belanja online. Penelitian dilakukan dengan menyusun 2 skala penelitian, yaitu skala perilaku konsumtif online dan skala intensitas penggunaan handphone. Uji normalitas dilakukan dengan formula Kolmogorov Smirnov Goodness of Fit Test, uji linearitas menggunakan Deviation form Linearity, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji analisis regresi ganda.Hasil analisis korelasional pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif perilaku konsumtif online dengan intensitas penggunaan handphone pada generasi Z dapat diterima dengan koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,635 dengan taraf signifikansi 0,000 (p 0,05). Hal ini memiliki pengertian semakin tinggi perilaku konsumtif online maka semakin tinggi pula intensitas penggunaan handphone pada generasi Z. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif perilaku konsumtif online dengan intensitas penggunaan handphone pada generasi Z. Hasil tersebut membuktikan bahwa semakin tinggi perilaku konsumtif online maka semakin tinggi pula intensitas penggunaan handphone pada generasi Z.