HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KEPATUHAN TERHADAP PERATURAN PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL MUMTAZ GUNUNGKIDUL

Penulis

  • Neni Widyayanti
  • Diyanah Ishmawati
  • Farika Chandrasari

Kata Kunci:

Kecerdasan Emosi, Kepatuhan, Peraturan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kepatuhan terhadap peraturan pada santri di Pondok Pesantren Al Mumtaz Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional, dengan menggunakan teknik analisa data statistik pearson product moment untuk melihat signifikansi dari kedua variabel yang diukur. Dalam menentukan jumlah sampel, peneliti menggunakan teknik cluster random sampling yaitu teknik penentuan sampel yang dilakukan dengan randomisasi terhadap kelompok bukan terhadap subjek secara individual. Sampel pada penelitian ini adalah Siswa Madrasah Aliyah (MA) di Pondok Pesantren Al Mumtaz Gunungkidul yang berjumlah 111 siswa. Pengambilan data penelitian menggunakan skala kecerdasan emosi dan skala kepatuhan terhadap peraturan yang dibuat oleh peneliti. Skala kecerdasan emosi memiliki nilai cronbach’s alpha sebesar 0,884 dengan 38 aitem yang valid dan skala kepatuhan terhadap peraturan yang memiliki nilai sebesar 0 ,934 dengan 40 aitem yang valid. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan kepatuhan terhadap peraturan pada santri Al Mumtaz Gunungkidul (rxy) sebesar 0,598 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05) dan nilai R square 0,358 atau 35,8% yang berarti sumbangan kecerdasan emosi terhadap kepatuhan peraturan pesantren adalah 35,8%. Hal ini menunjukkan sebagian besar sampel penelitian memiliki kecerdasan emosi dengan kategori sedang sebesar 67,6% dan kepatuhan terhadap peraturan dengan kategori sedang sebesar 63,1%.

Unduhan

Diterbitkan

2022-08-29